Previous
Next

TIPS SUPAYA TIDAK NGANTUK SAAT JAM KULIAH

TIPS SUPAYA TIDAK NGANTUK SAAT JAM KULIAH - ATI TUNAS BANGSA

Tips supaya tidak ngantuk perlu diterapkan dengan baik apabila kamu ingin fokus saat pelajaran suatu mata kuliah. Dalam hal ini, ada berbagai hal yang akan memicu kamu untuk kelelahan dan mengantuk saat kuliah, misalnya begadang di malam hari, stamina yang menurun, terlalu lama menunggu jam mata kuliah, dan lain sebagainya. Tentu saja sangat disayangkan jika harus ngantuk dalam perkuliahan ini. Karena hal tersebut membuat kamu tidak bisa menyerap materi dengan baik dan sia-sia saja biaya kuliah yang sudah dikeluarkan. Oleh karena itu, berikut adalah tips supaya tidak ngantuk yang bisa kamu terapkan.

  1. Konsumsi Makanan Yang Tepat
    Pemilihan makanan ketika sarapan atau makan siang adalah hal yang penting dalam tips supaya tidak ngantuk ini. Dari sini kamu harus menghindari makanan yang berlemak dan terlalu manis. Pasalnya, makanan manis ini terkadang memang bisa mendongkrak kadar energi dengan cepat, tapi juga bisa menurunkannya secepat kilat. Alih-alih mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, pilihlah makanan yang tinggi protein.
  1. Mengunyah Permen
    Hal ini tentunya menjadi tips supaya tidak ngantuk yang bisa kamu coba. Pasalnya, mengunyah permen akan bisa meningkatkan kewaspadaan yang dimiliki seseorang. Ditambah lagi, beberapa permen berjenis permen mint bisa membantu memperbaiki daya ingat dan meningkatkan aktivitas serebral. Biasanya jika tidak mengunyah permen, maka kamu akan gampang sekali menguap. Jika sudah mengunyah permen, maka hal ini akan bisa dihindari.
  1. Gosokan Aromaterapi Ke Bagian Tubuh
    Opsi lainnya dalam tips supaya tidak ngantuk yang bisa kamu terapkan adalah dengan menggosokan aromaterapi ke bagian tubuh. Dengan cara inilah maka kamu akan bisa tetap terjaga dengan mudahnya. Beberapa aromaterapi kuat yang bisa kamu pilih adalah rosemary, peppermint, jeruk-jerukan dan lain sebagainya.
  1.  Setel Suhu Ruangan
    Mungkin beberapa ruang kelas di kampus kamu memiliki suhu ruangan yang signifikan dinginnya sehingga membuat mahasiswanya terlalu nyaman ketika duduk mendengarkan materi. Sayangnya, hal ini juga akan bisa menurunkan konsentrasi dan akhirnya mempermudah kamu untuk mengantuh. Oleh karena itu, cara terbaik dalam mengatasi hal ini adalah dengan menjaga suhu ruangan tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Alih-alih mengeset suhu ruangan 18 derajat celcius, pilihlah 23 derajat celcius.
  1. Tidur Yang Cukup Dan Hindari Begadang
    Sebagai mahasiswa yang penuh aktivitas, kamu juga harus mempertimbangkan untuk tidak terlalu sering begadang. Pasalnya, begadang akan bisa sangat menguras banyak tenaga di malam hari, yang seharusnya digunakan untuk beristirahat. Oleh karena itu, penting untuk menghindarkan diri dari begadang terlalu lama. Tidurlah yang cukup dan perbanyak istirahat agar otak tetap fresh dalam menyerap materi perkuliahan setiap harinya.